Rabu, 22 Desember 2010

Metabolisme lemak

Metabolisme lemak

Metabolisme lemak temasuk dalam kategori katabolisme lemak karena terjadi proses pemecahan senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana. Lemak merupakan sumber energi yang menghasilkan energi sekitar 9 kkal tiap gramnya.
Katabolisme lemak terjadi di matriks mitokondria. Membran mitokondria tidak permeabel terhadap asam lemak. Oleh karena itu asam lemak masuk ke matriks mitokondria melalui transpor karnitin.
Awalnya terjadi pengikatan asam lemak dan ko-A membentuk asil ko-A yang dikatalisis enzim tiokinase. Asil ko-A kemudian menyumbangkan gugus asilnya ke karnitin dan membentuk asil karnitin sehingga asam lemak dapat melewati membran menuju matriks mitokondria.
Katabolisme lemak juga disebut β-oksidasi. Proses ini merupakan serangkaian reaksi yang bertujuan untuk membuang dua karbon dari ujung gugus karboksil asam lemak untuk dikeluarkan dalam bentuk asetil ko-A. Reaksi β-oksidasi terdii atas empat tahapan yaitu dehidrogenasi (pelepasan oksigen), hidrasi (penambahan molekul air), oksidasi (pelepasan elektron) dan tiolisis (pengeluaran asetil ko-A dan rantai asam lemak). Asetil ko-A yang dihasilkan dalam reaksi β-oksidasi akan memasuki siklus krebs untuk melanjutkan respirasi sel.

Sumber : Jati, W. 2007. Aktif Biologi kelas XII SMA. Ganeca Exact, Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Laman